Surran & Rizzo, ABK : Anak yang memiliki perbedaan dalam beberapa dimensi dari fungsi kemanusiaanya. mereka adalah secara fisik, psikologis, kognitif, atau sosial, terhambat dalam mencapai tujuan/kebutuhan dan pootensinya secara maksimal sehingga memerlukan penanganan yang terlatih dari tenaga profesional.
Mangunsong, ABK : Anak yang membutuhkan pendidikan dan layanan khusus untuk mengoptimalkan potensi kemanusiaanya secara utuh akibat adanya perbedaan kondisi dengan kebanyakan anak lainya. Dimana perbedaanya meliputi ciri-ciri mental, kemampuan sensorik, fisik dan neuromuskular, perilaku sosial dan emosional, kemampuan berkomunikasi, ataupun kombinasi 2 atau lebih dari berbagai hal tersebut.
Istilah-Istilah Anak Berkebutuhan Khusus
- Disability : Menunjukkan berkurang atau hilangnya fungsi organ atau bagian tubuh tertentu.
- Handicap : Masalah atau dampak dari kerusakan yang dialami oleh individu ketika berinteraksi dengan lingkungan.
- At Risk : Anak yang meskipun tidak teridentifikasi memiliki kerusakan namun berpeluang mengalami hambatan/masalah tertentu.
Pendidikan khusus/luar biasa : Instruksi yang didesain khusus untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan dari siswa berkebutuhan khusus.
Tujuan pendidikan berkebutuhan khusus :
- Mengembangkan kehidupan anak didik dan siswa sebagai pribadi
- Mengembangkan kehidupan anak didik dan siswa sebagai anggoota masyarakat
- Mempersiapkan siswa untuk dapat memiliki keterampilan sebagai bekal memasuki dunia kerja
- Mempersiapkan anak didik dan siswa untuk mengikuti pendidikan lanjutan
Model Pendidikan Khusus
- Segregasi : Anak berkebutuhan khusus belajar dalam lingkungan yang berisi anak-anak berkebutuhan khusus
- Integrasi : Anak berkebutuhan khusus diberi kesempatan untuk berinteraksi dengan anak-anak normal disekolah reguler
- Inklusi : Penempatan anak berkelainan tingkat ringan, sedang, dan berat secara penuh di kelas reguler.
Thanks ya sob udah share .......................
BalasHapusbisnistiket.co.id