UTS
T.A 2012/2013
1. Uraikan
secara singkat dan padat proses pembelajaran yang kelompok anda RENCANAKAN.
Beri ulasan atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan paedagogi praktis abad
21.
Jawab
: Proses pembelajaran yang kelompok kami rencanakan adalah proses pembelajaran
dengan metode flashcard pada murid TK, dimana pada awalnya kami ingin
mengggunakan metode belajar sambil bermain dengan menggunakan flashcard yang
gambar pada kartu itu akan ditunjukkan benda aslinya dengan cara menyembunyikan
benda tersebut di beberapa tempat kemudian murid-murid tersebut diinstruksikan
untuk mencari benda-benda yang sesuai dengan gambar yang sudah ditunjukkan.
Ketika kami melakukan observasi lapangan hal itu kami batalkan karena kurang
ketersediaan tempat di lokasi tersebut. Setelah melakukan observasi lapangan
dan bertanya kepada guru dan kepala sekolahnya mengenai apa-apa saja yang sudah
diajarkan kepada murid-muridnya, dimana setiap minggunya mereka akan
mempelajari tema-tema yang berbeda dan akhirnya kami memutuskan untuk tetap
menggunakan flashcard, dimana di dalam kartu tersebut berisi gambar-gambar yang
sesuai dengan tema yang sedang dipelajari di TK itu yaitu “api” seperti lilin,
kembang api, pemadam kebakaran dll, dan juga pada masing-masing gambar terdapat
bahasa inggris dari masing-masing gambar yang diberikan.
Dari uraian diatas, jika dikaitkan
dengan pedagogi abad 21, dimana yang dikenal juga sebagai pedagogi progresif
(progressive pedagogy) yang terbagi dua yaitu pedagogi formal dan vernikular
(praktis). Pada pedagogi formal, murid-murid itu diberikan pengetahuan mengenai
tema yang sedang mereka bahas yaitu “api”, dimana mereka diajarkan hal-hal yang
berkaitan dengan api, kemudian praktisnya mereka ditunjukkan gambar-gambar yang
berkaitan dengan api beserta cara membaca tulisan yang ada pada gambar yang
menggunakan bahasa Inggris. Dimana gambar-gambar tersebut sesuai dengan tema
yang sudah di susun secara sistematik oleh pihak sekolahnya.
2. Uraikan
secara singkat dan padat tentang HASIL OBSERVASI dari proses pembelajaran
kelompok anda. Beri evaluasi atas uraian tersebut berdasarkan tinjauan
paedagogi, tik dan fenomena kontemporer.
Jawab
: Berdasarkan hasil observasi yang
sudah kami lakukan, murid-murid itu aktif dan bersemangat mengikuti proses
pembelajaran yang kami berikan. Dimana sebelumnya kepala sekolah mereka telah
memberi tahu kami bahwa murid-murid TKnya sudah mulai belajar mengenal huruf
dan angka dalam bahasa Inggris, sehingga ketika kami memperlihatkan kartu yang
berisi gambar dan terdapat bahasa Inggris dari gambar-gambar tersebut dan
mengajarkan cara mengeja huruf-huruf tersebut yang kemudian mereka mengikuti
apa yang kami ucapkan walaupun kemampuan mengingat kata-kata yang ada pada
gambar mereka kurang namun ketika gambar itu ditunjukkan lagi mereka sudah mampu mengeja huruf-huruf dan
melafalkan kata-kata yang ada pada gambar itu cukup baik, hal ini mungkin karena
mereka sudah mulai diajarkan mengenal huruf-huruf dan cara membacanya dalam
bahasa Inggris. Dari pengajaran yang kami berikan, mereka mendapat pengalaman
baru dalam belajar, dimana mereka memperlajari sesuatu yang sesuai dengan tema
yang sedang mereka pelajari beserta bahasa asing dari hal-hal yang berkaitan
dengan tema tersebut.
Dari uraian diatas, jika dikaitkan dengan pedagogi, TIK, dan fenomena
kontemporer, dapat dilihat dari segi pemikiran reflektif, dimana murid-murid TK
itu sebelumnya sudah mulai mengetahui hal-hal yang berkaitan dengan tema yang
sedang mereka pelajari yaitu api, dan kemudian mereka mendapatkan pengetahuan
baru mengenai hal-hal tersebut seperti bahasa Inggris yang terdapat pada
masing-masing gambar dan cara pelafalan dari masing-masing gambar. kemudian
dari segi TIK dan pedagogi, dari segi ini kami tidak mengembangkan pangajaran
dari segi TIK, namun kami menggunakan TIK ketika kami mencari gambar-gambar
yang berkaitan dengan tema yang akan kami ajarkan. Jika ditinjau dari segi
kenikmatan belajar, murid-murid TK tersebut menikmati apa yang kami ajarkan
kepada mereka, ini dapat dilihat ketika mereka aktif dan bersemangat ketika
mengikuti proses belajar mengajar yang berlangsung, dan hal ini kami sebagai
pengajar juga merasakan kenikmatan sebagai pengajar, kerena mendapatkan
pengalaman mengajar murid-murid TK. Ditinjau dari pedagogi efektif, kami
belumlah efektif dikarenakan kami belum terlatih untuk mengajar dan masih kaku
dan gugup ketika berbicara di depan kelas.
3. Tuliskan
pandangan anda tentang pembelajaran pada perkuliahan Paedagogi di F. Psikologi
USU semester genap TA. 2012/2013 berdasarkan tinjauan Paedagogi Teoritis dan
Prinsip-prinsip Paedagogis.
Jawab
: berdasarkan
tinjauan pedagogi teoritis dan prinsip-prinsip pedagogis, mata kuliah pedagogi
di F. Psikologi USU semester genap TA. 2012/2013 menurut saya sudah memenuhi
prinsip-prisip pedagogis yaitu mengombinasikan karekter kolektif dan individual
pendidikan, serta penghormatan terhadap kepribadian siswa. Dimana proses
pedagogi terjadi dalam konteks sekelompok orang yang dikumpulkan sesuai dengan
criteria yang berbeda dan mengadopsi
karakteristik tertentu, setiap anggota memilki kekhususan unik yang
membedakan dia dari yang lain, dan memilki hak untuk dipertimbangkan dan
dihormati. Hal ini dapat dilihat ketika dosen pengampu membagi mahasiswanya
kedalam kelompok-kelompok ketika ingin mengerjakan tugas dari mata kuliah
pedagogi, dimana setiap kelompok memilki tata cara pengerjaan tugas yang
berbeda-beda dari yang lainnya yang kelompok lain itu harus menghormati hak
dari setiap kelompok tersebut. Hal ini berkaitan dengan prinsip pedagogi bahwa
masing-masing subsistem aktivitas, komunikasi, dan kepribadian saling terkait
satu sama lain. Dimana setiap aktivitas kelompok itu terdapat komunikasi antar
anggota kelompok dalam mendiskusikan tugas yang diberika oleh dosen pengampu
mata kuliah pedagogi dan kepribadiannya terkait satu sama lain karena adanya
aktivitas dan komunikasi di dalam kelompok. Dalam pembentukan profesionalitas,
dosen pengampu mata kuliah pedagogi telah memilki dimensi-dimensi dalam rangka
pembetukan, yang salah satunya adalah pembentukan karakter preventif tidak
hanya dalam kaitannya dengan pemecahan masalah melainkan juga dalam rangka
mengantisipasi kesulitan dan dalam situasi defisit yang dapat menghambat
pemenuhan tujuan. Ini daapt terlihat ketika dosen pengampu tidak bisa hadir
tatap muka dengan mahasiswanya, maka dosen pengampu menggunakan altenatif
pengajaran yaitu dangan menggunakan blended
learning yang menngunakan Gtalk, dimana setiap kelompok mahasiswanya
melakukan diskusi secara online membahas materi yang seharusnya di sampaikan di
dalam kelas, dan hasil yang didiskusikan oleh kelompok dikirimkan melaui email
kepada dosen pengampu agar dapat dilihat hasil diskusi dari masing-masing
kelompok. Dengan demikina, pemenuhan tujuan dari pembelajaran tidak terhambat
walaupun manggunakan blended learning.
Referensi Danim, Sudarwan., 2010., Pedagogi, Andragogi,
dan Heutagogi. Bandung : Alfabeta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar