Minggu, 08 April 2012

Kognisi dan Bahasa





Kognisi merupakan  proses  intelektual dengan mana informasi diperoleh,ditransformasi, disimpan, diambil kembali dan dimanfaatkan. Kognisi disebut juga proses berpikiryang kemudian menghasilkan sebuah konsep.
Konsep merupakan Kategori yang umum dr sesuatu, peristiwa, atau kualitas yang dihubungkan oleh suatu ciri-ciri yang  umum. Konsep memiliki tiga jenis, yaitu simple konsep, kompleks konsep, dan natural konsep.
Pada kesempatan ini saya memiliki kasus mengenai simple konsep. Ketika saya masih duduk di bangku sekolah dasar saya belum benyak mengetahui makna dari lambing suatu Negara seperti misalnya makna bendera, yang khususnya bendera Negara tercinta yaitu Indonesia yang memiliki sebuah lambang Negara berupa bendera yang berwarna merah dan putih. Ketika itu saya mengkonsepkan bahwa setiap bendera yang berwarna merah itu adalah mati dan setiap bendera yang berwarna putih itu menyerah.
Mengapa saya mengkonsepkannya demikian??

  PEMBAHASAN
Tadikan udah disebutin di atas kalau konsep itu memiliki tiga jenis, yaitu
  •   Simple konsep, yaitu pengkonsepan yang hanya didasarkan pada satu jenis saja.
  •   Kompleks konsep, yaitu pengonsepan yang tidak hanya didasarkan pada satu jenis atau satu ciri   saja.
  •   Natural konsep, yaitu konsep yang memiliki tingkat inclusiveness medium.

         Pada kasus saya yang mengenai simple konsep yaitu saya hanya berdasarkan satu jenis atau satu cirri saja, hal ini dikarenakan ketika di kampung saya ada yang meninggal di pasang bendera berwarna merah maka dari situlah saya mengonsepkan setiap bendera berwarna merah khususnya bendera Indonesia memiliki arti mati. Waktu kecil saya suka nonton film cartoon tom and jerry yang setiap bertemu selalu berantem yang ketika salah satu pihak ada yang menang dan yang satunya lagi menyerah dan mengangkat bendera berwarna putih, dari situlah saya mengonsepkan setiap bendera berwarna putih memiliki arti menyerah. Tapi setelah beberapa waktu, saya diberi tahu oleh kakak saya kalau bendera berwarna merah itu bukan berarti mati tetapi melambangkan keberanian dan putih itu bukan berarti menyerah tetapi melambangkan kesucian. Nah, mulai saat itu saya tidak lagi mengonsepkan setiap bendera berwarna merah itu mati tetapi melambangkan keberanian dan bendera berwarna putih itu menyerah tepati melmabangkan kesucian yang khususnya terdapat dalam lambang bendera Negara Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar